Wednesday, January 6, 2010

SAP Ilmu Sosial Dasar Universitas Gunadarma 2009/2010

SATUAN ACARA PERKULIAHAN
UNIVERSITAS GUNADARMA
MATA KULIAH : Ilmu Sosial Dasar
FAKULTAS : Teknik Industri
JURUSAN / JENJANG : Teknik Informatika / S1
PROSES BELAJAR MENGAJAR
DOSEN : Menyediakan materi yang diupload di situs elearning, monitoring keaktifan mahasiswa, memberikan evaluasi.
MAHASISWA : Mendownload materi dari situs elearning, mengerjakan latihan mingguan, mengerjakan kuis dan evaluasi.
MEDIA : Internet
EVALUASI : Keaktifan download materi, Kuis, Ujian Mid dan Ujian Akhir.
PERT
KE
POKOK BAHASAN DAN TIU SUB POKOK BAHASAN DAN TIK TEKNIK
PEMBELAJARAN
MEDIA
PEMBELAJARAN
REF
1
ISD Sebagai salah satu MKDU
TIU :
Mahasiswa dapat memahami
hakekat dan fungsi ISD dalam
perguruan tinggi
1.1. Pengertian, Tujuan, ISD dan IPS
- Mahasiswa dapat menjelaskan penngertian ISD
- Mahasiswa dapat menyebutkan tujuan ISD
- Mahasiswa dapat menyebutkan 3 kelompok ilmu
pengetahuan
1.2. ISD dan IPS
- Mahasiswa dapat menjelaskan perbedaan antara ISD
dan IPS
- Mahasiswa dapat menjelaskan persamaan antara ISD
dan IPS
1.3. Ruang Lingkup ISD
- Mahasiswa dapat menyebutkan 3 golongan
bahan pelajaran ISD
Jarak Jauh, Latihan
Internet
1
2
Penduduk, Masyarakat dan
kebudayaan
TIU :
Mahasiswa dapat memahami dan
menghayati berbagai kenyataan yang
diwujudkan oleh pertumbuhan
penduduk yang cepat, Mengkaji
pengaruh pertumbuhan penduduk
2.1. Pertumbuhan penduduk
- Mahasiswa dapat menuliskan perkembangan
penduduk dunia dengan menggunakan tabel
- Mahasiswa dapat menuliskan penggandaan
penduduk dunia dengan menggunakan tabel
- Mahasiswa dapat menyebutkan faktor-faktor
demografi yang mempengaruhi pertambahan
penduduk
- Mahasiswa dapat menuliskan rumus tingkat kematian
yang kasar
Jarak Jauh, Latihan
Internet


terhadap perkembangan sosial,
Mengkaji hubungan antar masalah
penduduk dengan perkembangan
kebudayaan
- Mahasiswa dapat menulliskan rumus tingkat kematian
khusus
- Mahasiswa dapat menulliskan angka kelahiran
- Mahasiswa dapat menjelaskan pengertian migrasi
- Mahasiswa dapat menyebutkan macam-macam
migrasi
- Mahasiswa dapat menyebutkan proses migrasi
- Mahasiswa dapat menjelaskan akibat migrasi
- Mahasiswa dapat menyebutkan 3 jenis struktur
penduduk
- Mahasiswa dapat menuliskan bentuk piramida
penduduk stasioner, muda, tua
- Mahasiswa dapat menjelaskan pengertian rasio
ketergantungan
2.2. Kebudayaan dan Kepribadian
- Mahasiswa dapat menjelaskan pertumbuhandan
perkembangan kebudayaan di Indonesia
- Mahasiswa dapat menjelaskan kebudayaan Hindu,
Budha dan Islam
2.3. Kebudayaan Barat
- Mahasiswa dapat menjelaskan kebudayaan barat
3
Individu, Keluarga dan Masyarakat
TIU :
Mahasiswa dapat memahami dam
menghayati berbagai masalah sosial
yang berhubungan dengan
perkembangan individu dan keluarga
3.1 Pertumbuhan individu
- Mahasiswa dapat menjelaskan pengertian individu
- Mahasiswa dapat menjelaskan penngertian
pertumbuhan
- Mahasiswa dapat menyebutkan faktor-faktor yang
mempengaruhi pertumbuhan
3.2. Fungsi Keluarga
- Mahasiswa dapat menjelaskan pengertian fungsi
keluarga
- Mahasiswa dapat menyebutkan macam-macam fungsi
keluarga
3.3. Individu, keluarga dan masyarakat
- Mahasiswa dapat menjelaskan pengertian keluarga
- Mahasiswa dapat menjelaskan pengertian masyarakat
- Mahasiswa dapt menyebutkan 2 golongan masyarakat
- Mahasiswa dapat membedakan antara kelompok
masyarakat non industri dengan masyarakat industri
3.4. Hubungan antara Individu keluarga dan masyarakat
Jarak Jauh, Latihan
Internet

- Mahasiswa dapat menjelaskan makna Individu
- Mahasiswa dapat menjelaskan makna keluarga
- Mahasiswa dapat menjelaskan makna masyarakat
- Mahasiswa dapat menjelaskan hubungan antara
individu, keluarga dan masysakat
3.5. Urbanisasi
- Mahsiswa dapat menjelaskan pengertian urbanisasi
- Mahasiswa dapat menjelaskan proses terjadinya
urbanisasi
4
Pemuda dan Sosialisasi
TIU :
Mahasiswa dapat memahami dam
menghayati masalah –masalah
kepemudaan, identitasnya sebagai
pemuda yang sedang belajar di
perguruan tinggi
4.1. Internalisasi Belajar dan
Spesialisasi
- Mahasiswa dapat menjelaskan pengertian pemuda
- Mahasiswa dapat menjelaskan pengertian sosialisasi
- Mahasiswa dapat menjelaskan internalisasi belajar
dan sosialisasi
- Mahasiswa dapat menjelaskan proses sosialisasi
- Mahasiswa dapat menjelaskan peranan sosial
mahasiswa dan pemuda di masyarakat
4.2. Pemuda dan Identitas
- Mahasiswa dapat menjelaskan pola dasar pembinaan
dan pengembangan generasi muda
- Mahasiswa dapat menjelaskan 2 pengertian pokok
pembinaan dan pengembngan generasi muda
- Mahasiswa dapat menuliskan masalah-masalah
generasi muda
- Mahasiswa dapat menyebutkan potensi-potensi
generasi muda
- Mahasiswa dapat menyebutkan tujuan pokok
sosialisasi
4.3. Perguruan dan Pendidikan
- Mahasiswa dapat mengembangjkan potensi generasi
muda
- Mahasiswa dapat menjelaskan pengertian pendidikan
dan perguruan tinggi
- Mahasiswa dapat memberikan alasan untuk
berkesempatan mengenyam pendidikan tinggi
Jarak Jauh, Latihan
Internet
1
5
Warganegara dan Negara
Hukum, Negara dan Pemerintahan
- Mahasiswa dapat menjelaskan pengertian hukum
- Mahasiswa dapat menyebutkan sifat dan ciri-ciri
Jarak Jauh, Latihan
Internet


TIU : Mahasiswa dapat mengetahui
dan menghargai kedudukan dan
peranan setip warganegara dalam
negara hukum indonesia
hukum
- Mahasiswa dapat menyebutkan sumber-sumber
hukum
- Mahasiswa dapat menuliskan pembegian hukkum
- Mahasiswa dapat menjelaskan pengertian negara
- Mahasiswa dapat menyebutkan 2 tugas utama negara
- Mahasiswa dapat menyebutkan sifat-sifat negara
- Mahasiswa dapat menyebutkan 2 bentuk negara
- Mahasiswa dapat menyebutkan unsur-unsur negara
- Mahasiswa dapat menyebutkan tujuan negara
repoblik indonesia
- Mahasiswa dapat menjelaskan pengertian tentang
pemerintah
- Mahasiswa dapat membedakan pemerintahan dengan
pemerintah
5.2. Warga Negara dan Negara
- Mahasiswa dapat menjelaskan pengertian warga
negara
- Mahasiswa dapat menyebutkan 2 kriteria menjadi
warga negara
- Mahasiswa dapat menyebutkan orang-orang yang
berada dalam satu wilayah negara
- Mahasiswa dapat menuliskan pasal yang tercantum di
dalam UUD 45 tentang warga negara
- Mahasiswa dapat menuliskan pasal-pasal yang
tercantum di dalam UUD 45 tentang hak dan
kewajiban Warga negara indonesia
6
Pelapisan Sosial dan Kesamaan
Derajat
TIU :
Mahasiswa dapat memahami dan
menghayati kenyataan-kenyataan
yang diwujudkan oleh adanya
pelapisan sosial, kesamaan derajat
sebagai suatu cita-cita, mengkaji
peranan kaum elite terhadap masa,
memahami pembagian pendapatan
sebagai suatu usaha untuk
mendekatkan kenyataan dengan citacita.
Pelapisan sosial
- Mahasiswa dapat menjelaskan pengertian pelapisan
sosial
- Mahasiswa dapat menjelaskan terjadinya pelapisan
sosial
- Mahasiswa dapat menyebutkan perbedaan sistem
pelapisan dalam masyarakat
- Mahasiswa dapat menjelaskan beberapa teori tentang
pelapisan sosial
6.2. Kesamaan Drajat
- Mahasiswa dapat menjelaskan tentang kesamaan
derajat
- Mahasiswa dapat menuliskan pasal-pasal di dalam
UUD45 tentang persamaan hak
- Mahasiswa dapat menyebutkan 4 pokok hak asasi
Jarak Jauh, Latihan
Internet


dalam 4 pasal yang tercantum pada UUD 45
6.3. Elite dan Massa
- Mahasiswa dapat menjelaskan pengertian Elite
- Mahasiswa dapat menyebutkan fungsi elite dalam
memegang strategi
- Mahasiswa dapat menjelaskan pengertian Massa
- Mahasiswa dapat memenyebutkan ciri-ciri massa
7
Masyarakat Pedesaan dan
Masyarakat Perkotaan
TIU :
Mahasiswa dapat memahami dan
menghayati kenyataan yang
diwujudkan oleh gejolak masyarakat
perkotaan, memahami dan
menghayati kenyataan sosial yang
diwujudkan oleh keberadaan
masyarakat pedesaan, mengkaji
hubungan antara masyarakat
perkotaan
7.1. Masyarakat Perkotaan, Aspek-Aspek Positif dan Negatif
- Mahasisiwa dapat menjelaskan pengertian
masyarakat
- Mahsiswa dapat menyebutkan syarat-syarat menjadi
masyarakat
- Mahasiswa dapat menjelaskan pengertian masyarakat
perkotaan
- Mahasiswa dapat menyebutkan 2 tipe masyarakat
- Mahasiswa dapat menyebutkan cirri-ciri masyarakat
kota m
- Mahasisiwa dapat menyebutkan perbedaan antara
desa dan kota
7.2. Hubungan Desa dan Kota
- Mahasiswa dapat menjelaskan hubungan desa dan
kota
7.3. Aspek Positif dan Negatif
- Mahasiswa dapat menjelaskan tentang aspek positif
dan aspek negatif
- Mahasiswa dapat menyebutkan 5 unsur lingkungan
perkotaan
- Mahasiswa dapat menyebutkan fungsi external kota
7.4. Masyarakat Pedesaan
- Mahasiswa dapat menjelaskan pengertian desa
- Mahasiswa dapat menyebutkan cirri-ciri desa
- Mahasisiwa dapat menyebutkan cirri-ciri masyarakat
pedesaan
- Mahasiswa dapat menyebutkan macam-macam
pekerjaan gotong royong
- Mahasiswa dapat menjelaskan sifat dan hakikat
masyarakat pedesaan
- Mahasiswa dapat mnyebutkan macam-macam gejala
masyarakat pedesaan
Jarak Jauh, Latihan
Internet


- Mahasiswa dapat menjelaskan sistem budaya petani
Indonesia
- Mahasiswa dapat menyebutkan unsur-unsur desa
- Mahasiswa dapat menyebutkan fungsi desa
7.5. Perbedaan Masyarakat Pedesaan dan Masyarakat
Perkotaan
- Mahasiswa dapat menyebutkan perbedaan
masyarakat pedesaan dan masyarakat perkotaan
8
Pertentangan Sosial dan Integrasi
Masyarakat
TIU :
Mahasiswa dapat memahami dan
menghayati kenyataan-kenyataan
yang disebabkan oleh adanya
pertentangan sosial, mengetahui
faktor-faktor yang dapat
menyebabkan pertentangan sosial,
mengkaji pertentangan yang dapat
menimbulkan ketegangan sosial,
memahami dan menghayati adanya
bebagai golongan yang berbeda –
beda ,bersamaan dengan integrasi
sosial, mengkaji masalah integrasi
sosial
8.1. Perbedaan kepentingan
- Mahasiswa dapat menjelaskan perbedaan
kepentingan
8.2. Prasangka diskriminasi dan
ethosentris
- Mahasiswa dapat menjelaskan tentang diskriminasi
dan ethosentris
8.3. Pertentangan sosial ketegangan dalam
masyarakat
- Mahasiswa dapat menjelaskan pertentangan dan
ketegangan dalam masyarakat
8.4. Golongan-golongan yang berbeda dan
integrasi sosial
- Mahasiswa dapat menyebutkan golongan-golongan
yang berbeda dan integrasi sosial
8.5. Integrasi nasional
- Mahasiswa dapat menjelaskan tentang integrasi
nasional
Jarak Jauh, Latihan
Internet
1
9
Ilmu Pengetahuan Teknologi dan
Kemiskinan
TIU :
Mahasiswa dapat memahami dan
menghayati kenyataan yang
diwujudkan oleh adanya kemiskinan,
memahami dan menghargai
kemampuan manusia memanfaatkan
sumber daya alam untuk membasmi
9.1. Ilmu Pengetahuan
- Mahasiswa dapat menjelaskan pengertian ilmu
pengetahuan
- Mahasiswa dapat menyebutkan 4 hal sikap yang ilmiah
9.2. Teknologi
- Mahasiswa dapat menjejaskan pengertian teknologi
- Mahasiswa dapat menyebutkan cirri-ciri fenomena
teknik pada masyarakat
- Mahasiswa dapat menyebutkan cirri-ciri teknologi barat
Jarak Jauh, Latihan
Internet


kemiskinan, mengkaji sistem
ekonomi dalam memanfaatkan
sumber daya alam , mengkaji
kemampuan manusia
mengembangkan ilmu pengetahuan
guna memanfaatkan sumber daya
alam, mengkaji peranan teknologi
dalam mengatasi kemiskinan
9.3. Ilmu Pengetahuan, Teknologi dan Nilai
- Mahasiswa dapat menjelaskan pengertian ilmu
pengetahuan,teknologi dan nilai
- Mahasiswa dapat
9.4. Kemiskinan
- Mahasiswa dapat menjelaskan pengertian kemiskinan
- Mahasiswa dapat menyebutkan ciri-ciri manusia yang
hidup di bawah garis kemiskinan
- Mahasiswa dapat menyebutkan fungsi kemiskinan
10
Agama dan Masyarakat
TIU :
Mahasiswa dapat memahami dan
mengerti tentang berbagai agama
dan fungsinya dalam masyarakat
indonesia
10.1. Fungsi agama
- Mahasiswa dapat menjelaskan fungsi agama dalam
masyarakat
- Mahasiswa dapat menyebutkan dimensi komitmen
agama
10.2. Pelembagaan agama
- Mahasiswa dapat menyebutkan 3 tipe kaitan agama
dengan masyarakat
- Mahasiswa dapat menjelaskan tentang pelembagaan
agama
10.3. Agama ,konflik dan masyarakat
- Mahasiswa dapat memberikan contoh-contoh dan
kaitannya tentang konflik yang ada dalam agama dan
masyarakat
Jarak Jauh, Latihan
Internet
1
REFERENSI :
1. Harwantiyoko, Neltje F. Katuuk, MKDU Ilmu Sosial Dasar, Gunadarma, Jakarta, 1997

No comments:

Post a Comment