Monday, December 17, 2012

Marketing Mix 4'P


Bonjour, sekarang saya mau membahas tentang marketing mix (bauran pemasaran) 4’P. Dilihat dari namanya “Marketing Mix” , berhubungan ke pemasaran. Mengutip dari Wikipedia, didapat

“Pemasaran adalah proses penyusunan komunikasi terpadu yang bertujuan untuk memberikan informasi mengenai barang atau jasa dalam kaitannya dengan memuaskan kebutuhan dan keinginan manusia.”

Nah, dari Wikipedia juga didapat definisi dari marketing mix-nya itu sendiri, yaitu:

“marketing mix (bauran pemasaran) adalah empat komponen dalam pemasaran yang terdiri dari 4P (Product, Price, Place and Promotion) karena pemasaran bukanlah ilmu seperti keuangan, teori bauran pemasaran juga terus berkembang”

Dilihat dari definisi diatas, 4 P itu mencakup 4 konsep:

  • Product (Produk) : Variasi Produk, Kualitas, Design, Fitur, Merk, Kemasan, Ukuran, Layanan, Jaminan dan Pengembalian.
  • Price (Harga) : Daftar Harga, Diskon, Daya Beli, Pembayaran dan Kredit.
  • Promotion (Promosi) : Promosi Penjualan, Iklan/ Advertising, Pramuniaga/Sales Forces, Public Relations dan Direct Marketing
  • Place (Tempat) : Jalur / Channels, Cakupan /Coverage, Daftar Isi/Assortments, Lokasi, Inventory dan Transport
Target Market disini adalah kelompok pelanggan atau dapat disebut juga perusahaan yang merupakan focus pemasaran bisnis.

PT Indofood CBP Sukses Makmur Tbk
Oke, disini saya akan mengambil sample sebuah perusahaan yang namanya tak asing lagi di seantero Indonesia, bahkan sekarang telah “go international” ke berbagai benua di Dunia, seperti Australia, Amerika, Asia, Afrika dan Eropa.
                             
                                                         Logo Indofood

PT Indofood CBP Sukses Makmur Tbk (dahulu PT. Indofood Sukses Makmur Tbk, PT Gizindo Primanusantara, PT Indosentra Pelangi, PT Indobiskuit Mandiri Makmur dan PT Ciptakemas Abadi) merupakan produsen berbagai jenis makanan dan minuman yang bermarkas di Jakarta, Indonesia.
Perusahaan ini didirikan pada tahun 1990 oleh Sudono Salim dengan nama Panganjaya Intikusuma yang pada tahun 1994 menjadi Indofood.
Dalam beberapa dekade ini PT Indofood Sukses Makmur Tbk (Indofood) telah bertransformasi menjadi sebuah perusahaan Total Food Solutions dengan kegiatan operasional yang mencakup seluruh tahapan proses produksi makanan, mulai dari produksi dan pengolahan bahan baku hingga menjadi produk akhir yang tersedia di rak para pedagang eceran.

Visi
Perusahaan Total Food Solutions

Misi

Memberikan solusi atas kebutuhan pangan secara berkelanjutan

Senantiasa meningkatkan kompetensi karyawan, proses produksi dan teknologi kami

Memberikan kontribusi bagi kesejahteraan masyarakat dan lingkungan secara berkelanjutan

Meningkatkan stakeholders' values secara berkesinambungan

                           
                                      
                                                Tampilan Home pada website Indofood


Product (Produk)
Perusahaan ini memiliki komitmen untuk menghasilkan produk makanan yang bermutu, aman dan halal untuk dikonsumsi. Prioritas-nya mencakup beberapa aspek seperti rasa, kandungan gizi, praktis, higienis dan aman. Terbukti perusahaan ini telah mendapatkan beberapa award untuk beberapa produk terbaiknya.

Berikut adalah list product PT. Indofood Sukses Makmur Tbk.

Dengan harga produknya yang terjangkau dan kualitas terbaik, menjadikan produk Indofood menjadi favorit masyarakat. Terkadang, dijumpai juga produk Indofood dengan diskon yang lumayan menguntungkan bagi konsumen. Hal ini, tentu saja menarik daya beli konsumen pada produknya.

Promotion (Promosi)
Promosi produk dilakukan dengan menggunakan berbagai media, baik itu media cetak maupun media elektronik, juga menggunakan papan reklame yang terpasang di berbagai sudut jalan. Selain iklan (advertising), perusahaan juga melakukan sales promotion seperti misalnya saja melakukan undian berhadiah. Tak jarang juga, beberapa produk perusahaan ini menjadi sponsor event-event tertentu.
                                   
                                       Salah Satu Contoh Iklan Produk Indofood

Place (Tempat)
Grup Distribusi Indofood memiliki jaringan distribusi paling ekstensif di Indonesia, menjangkau hampir seluruh pelosok Nusantara. Selain mendistribusikan produk-produk Indofood, grup ini juga menyalurkan berbagai produk pihak ketiga. Jumlah stock point telah berkembang dengan cepat sejak tahun 2005, memberikan penetrasi pasar yang lebih luas dan lebih dalam melalui mata rantai pasokan dan pengiriman yang efisien. Stock point yang dibangun di wilayah dengan tingkat kepadatan outlet ritel yang tinggi termasuk pasar tradisional, memungkinkan setiap stock point untuk melayani wilayahnya masing-masing dalam waktu sesingkat mungkin.

                       
          
                  Salah Satu Transportasi yang Digunakan untuk Distribusi Produk Indofood

Produk Indofood ini dapat dijumpai di Supermarket, Minimarket, Pasar Tradisonal, Kios bahkan warung-warung kecil sekalipun. Sehingga, konsumen dapat dengan mudah mendapatkan produk tersebut.

Sekian, sedikit review saya mengenai Marketing Mix 4’P , see you on next my posting J

Reference :
http://www.indofood.com

No comments:

Post a Comment